Find What You Search!

Saturday, 3 December 2011

Novel : Java Joe: Rahasia Bangkitnya Roro Jonggrang

Java Joe, J.H. SetiawanPas baca judulnya, mungkin kesannya mistik2 gimanaaa gitu. Walaupun judulnya rada-rada serem, yaitu "Bangkitnya Roro Jonggrang", novel ini cukup seru dan menantang untuk dibaca. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang novel tersebut. Mohon maaf kalo ada yang salah tulis dan tulisan ini sudah telat banget.

Judul              : Java Joe
Sub Judul       : Rahasia Kebangkitan Rara Jonggrang
Penulis            : J.H. Setiawan
Penerbit          : C | Publishing
Tahun Terbit : 2008
            Novel karya J.H. Setiawan ini cukup menarik. Dengan latar belakang fiksiilmiah layaknya film ‘Armageddon’, ‘2012’, dan ‘Star Trek’. Dibalut dengan ekspedisi sejarah seperti ‘Indiana Jones’ dan diberi aksi dan konspirasi seperti ‘X – Files’ dan ‘Mission Impossible’. Serta dipercantik dengan romansa kisah ‘Sleeping Beauty’.
            Nah loh. Bingung ga tuh? Novel ini sepertinya menggambarkan dunia di masa depan. Penulisnya membuat tulisan fiksi ilmiah yang iasajikan menjadi cukup meyakinkan, walaupun ada yang dianggap tidak masuk akal oleh temanku.
          Dalam buku ini ada 3 bagian atau 3 chapter. Chapter 1 atau Bab 1 menceritakan tentang prolog cerita. Di bagian ini, diceritakan mengenai Rara Jonggrang yang dipinang oleh Bandung Bandawasa. Dikisahkan bahwa Rara Jonggrang sudah mencintai pria lain, maka dari itu ia meminta syarat sulit kepada Bandung Bandawasa yang ingin menikahinya agar membangun seribu arca dan candi.
          Bagian kedua menceritakan tentang keadaan Bumi sekitar 2000 tahun setelah kejadian Rara Jonggrang tersebut. Dikisahkan, sekembalinya Java Joe dari planet Mars, ia menemui Profesor Jones, kenalannya. Java Joe ke planet Mars karena sebuah misi rahasia dari sebuah lembaga antariksa Internasional. Di bagian kedua ini, Profesor Jones meminta Java Joe untuk melakukan penelitian keberadaan jasad Rara Jonggrang yang kabarnya disimpan di suatu tempat. Selain itu, ada sebuah energi luar angkasa yang dinamai Pegasus yang akan menabrak Bumi. Energi ini dikhawatirkanakan menyebabkan kehancuran Bumi. Petualangan demi petualangan terus dialami Java Joe dan teman-temannya.
        Dan di bagian ketiga, adalah bab ending. Di bab ini diceritakan bagaimana Java Joe harus berhadapan dengan Pegasus dan menyelamatkan Rara Jonggrang. Hah, menyelamatkan Rara? Memangnya dia masih hidup ya? Mending baca bukunya aja deh, hehe…
         Dan, ending dari novel ini menurutku sungguh sialan. Ending unik yang menyebalkan.Aku sedih sekaligus bingung oleh ending novel ini.Penutup cerita yang menyedihkan dan menggantung membuatku bertanya-tanya. Apakah akan dibuat sekuelnya? Atau, ada alasan lain?
     Banyak kekurangan dan kelebihan dalam novel ini.Kekurangan novel ini seperti, kurang mengajak pembaca berpikir dan fiksiilmiah yang lebih terkesan mistik, dapat tertutupi oleh kelebihan buku ini seperti, data dan teori yang cukup meyakinkan dan aksi yang nyaris tidak ada jeda.

No comments:

Post a Comment