Find What You Search!

Saturday, 14 January 2012

Ulasan Buku Si Semut Karya Harun Yahya


Judul Asli                    : The Worls of Our Little Friends The Ants
Judul Terjemahan        : Kisah Sahabat Kecil Kita: Si Semut
Penulis                        : Harun Yahya
Alih Bahasa                : Himawan
Penerbit                      : PT. Globalmedia Cipta Publishing
Cetakan                      : 2002
Tebal                          : 40 halaman. ; 21 cm

Kali ini saya akan mencoba membuat resensi buku ilmu pengetahuan populer. Buku tersebut berjudul Kisah Sahabat Kecil Kita: Si Semut.

Apa biasanya komentar kita terhadap semut? Biasanya tidak jauh-jauh dari menjijikan, menggelikan, dan mengganggu. Untuk sebagian orang juga akan menjawab cerdas, rajin, dan semacamnya. Nah, dalam buku karangan Harun Yahya ini, pikiran kita terhadap semut akan lebih terbuka. Buku ini juga menjelaskan jenis-jenis semut, pekerjaannya, dan banyak hal.

Harun Yahya juga mengkritik teori Darwin dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an. Teori Darwin yang mengatakan bahwa, “makhluk hidup tidak diciptakan, akan tetapi muncul menjadi ada karena sebuah kebetulan” dibantah jelas-jelas oleh QS. Al-Imran ayat 190-191. Terlepas dari semua itu, buku ini memberitahu kita akan keajaiban-keajaiban yang berkaitan dengan semut.

Banyak hal yang akan membuat kita berdecak kagum. Mulai dari teknik menjahit yang dilakukan semut, kuburan yang diciptakan semut, sampai ruang pemanasan pusat yang ada di sebuah sarang semut. Ada juga sebuah foto yang memperlihatkan sebuah jurang yang besar yang diciptakan semut sebagai kota bawah tanah. Tidak berlebihan jika saya menyebut jurang itu sebagai kota yang dapat membuat seekor gajah terperosok ke dalamnya.

Kita mungkin akan bertanya-tanya saat melihat sampul buku ini. Sampul buku itu sendiri menggambarkan gambar kartun seekor semut yang sedang berbincang dengan seorang anak. Sebenarnya, ini juga salah satu kelebihan buku ini. Karena buku ini ditujukan untuk anak-anak, maka dari itu Harun Yahya membuat sebuah cerita untuk pengantar buku ini. Di awal buku diceritakan bahwa ada seorang anak yang bernama Umar yang suka mengunjungi sahabatnya, yaitu seekor semut. Nah, dari situlah sang semut mulai menjelaskan hal-hal unik mengenai koloninya.

Walaupun buku ini ditujukan untuk anak-anak, para remaja pun boleh membaca buku ini. Informasinya yang unik dan menarik juga bisa menambah wawasan setiap orang. Singkat kata, buku ini cocok dibaca untuk segala umur.

Terlepas dari semua kehebatan yang dimiliki buku ini, ada juga kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam buku ini. Ada hal-hal yang masih membuat saya bingung. Dalam buku ini dijelaskan tentang semut-semut penjahit. Foto-foto yang meyakinkan juga diberikan. Tapi sayangnya, tidak diberitahukan dalam buku ini, dengan apa semut-semut itu dalam menjahit daun.

Kedisiplinan dan kerja keras semut serta kecerdasan sosial yang dimilikinya patut kita tiru. Sebenarnya, buku ini menjelaskan mengenai kebesaran Tuhan Semesta Alam karena dapat menciptakan semut yang begitu hebat.

No comments:

Post a Comment