Find What You Search!

Sunday, 12 February 2012

Ayo Lihat Kesalahan Kata Yang Sering Dilakukan!


Saya hanya ingin menambahkan tulisan-tulisan dari kawan saya sebelumnya. Kali ini kesalahan kata-kata tersebut diberitahukan oleh guru-guru saya di sekolah. Mohon maaf jika ada kesalahan tulis. CMIIW (Correct Me If I’m Wrong). Langsung saja kita lihat beberapa kesalahan bahasa yang sering kita lakukan.


1.      Jam
Menurut guru Fisika saya, ada kesalahan saat kita berkata bahwa kita akan membeli jam. Menurutnya, jam adalah satuan waktu. Sementara, alat untuk mengukurnya adalah arloji. Ini adalah kesalahan yang sudah mengakar pada kita.

2.      Berat
Masih menurut guru Fisika saya. Guru yang sama. Ia mengatakan bahwa kita salah jika kita berkata, “Pak, beli apel. Beratnya satu kilogram.” Itu salah. Mengapa? Karena Kilogram bukanlah satuan berat, melainkan satuan massa. Untuk berat, kita harusnya memakai Newton. Perbedaannya adalah: Berat dapat berubah jika gravitasi berubah, namun massa selalu sama dimana-mana. Jadi, yang seharusnya Anda katakan adalah, “Pak, beli apel. Massanya satu kilogram,” atau, “Pak, beli apel. Beratnya satu Newton.”

3.      Otot
Klaim ini datang dari guru Biologi. Menurutnya, suatu kesalahan jika kita menganggap otot hanyalah sesuatu yang menonjol di bahu. Mungkin Anda berpikir orang dengan otot besar itu keren dan macho. Tetapi, apa otot itu sebenarnya. Guru Biologi itu pun memberi tahu, “Otot dan daging adalah dua hal yang sama. Tida ada bedanya.”
Jadi, jika Anda pergi ke pasar dan membeli daging, katakanlah, “Pak, beli otot dengan berat 2 Newton.”

4.      Kita
Sekarang, guru Bahasa Indonesia yang berbicara. Guru itu berkata bahwa kata-kata, “Kita? Lu aja kali, gue nggak!” yang sempat populer itu adalah benar adanya. Kita kadang suka keliru memakai kata ‘kami’ dan ‘kita’. Jika Anda sedang maju ke depan podium bersama kelompok dan berkata kepada hadirin, “Inilah yang dapat kita sampaikan kepada kalian,” itu merupakan kesalahan! Kata ‘Kita’, berarti orang yang menyaksikan juga ikut terlibat, namun, kata ‘Kami’ berarti yang terlibat hanyalah orang-orang yang memang sudah terlibat. Jadi, jika ada yang bertanya, “Siapa kalian?” jangan pernah menjawab, “Kita adalah…” tapi jawablah, “Kami adalah…”

5.      Bulu
Guru Biologi kembali angkat bicara. Penggunaan kata ‘bulu’ dalam kehidupan sehari-hari kita itu salah! Yang dimaksud ‘bulu’ adalah yang dimiliki ungags. Sementara, yang kita miliki adalah rambut, bukan bulu. Untuk membedakannya, rambut itu milik mamalia dan manusia, sementara bulu itu miliknya burung dan ayam. Jadi kita seharusnya menyebut ‘rambut kaki’, bukan ‘bulu kaki'.


Saya rasa cukup lima itu. Mungkin Firdaus dapat menambahkan, atau mungkin lain kali saya tambahkan. Terimakasih telah membaca....

No comments:

Post a Comment