Find What You Search!

Thursday, 30 June 2011

Ulasan Mengenai Penyebab Bahagia

Banyak orang berpikir kalau menjadi menarik, pintar, dan kaya adalah cara untuk mendapat kebahagiaan. Tetapi, menurut penelitian majalah New Scientist, hal-hal tersebut tidak terlalu penting seperti yang kita pikirkan. Sekelompok ilmuwan membuat sebuah tinjauan dari ratusan survey dan penelitian di seluruh dunia. Setelah itu, mereka mebuat daftar 10 alasan yang membuat kebahagiaan. Inilah daftar 10 hal tersebut.

1.       Keturunan
Beberapa orang dilahirkan untuk menjadi bahagia. Maksudnya, mereka bahagia emang udah dari sononya. Dari hasil studi terhadap 4000 orang dewasa, perbedaan keturunan adalah penyebab utama dalam tingkat kebahagiaan mereka.

2.       Telah Menikah
Semua studi menunjukkan bahwa pasangan yang sudah menikah lebih bahagia daripada orang yang belum menikah. Tetapi, hanya hidup bersama tanpa menikah tidak menimbulkan dampak kebahagiaan yang sama.

3.       Teman dan Keluarga
Orang yang mempunyai keluarga besar dan teman dekat yang cukup banyak biasanya lebih bahagia daripada orang yang punya banyak uang tetapi hidup sendiri tanpa keluarga dan sahabat.

4.       Tidak Menginginkan Lebih
Manusia pada umumnya selalu tidak pernah puas dan selalu menginginkan lebih dari yang mereka punya. Tetapi menurut penelitian, orang yang menginginkan karir yang cemerlang, banyak uang, dan relasi yang baik tidaklah sebahagia orang yang mensyukuri apa yang telah ia terima.

5.       Membantu Sesama
Penelitian dari para psikologis dari berbagai negara menujukkan bahwa membantu sesama tidak hanya baik untuk yang menolong, tetapi juga membuat si penolong merasa bahagia. Jika anda tidak percaya, silahkan coba. Membantu sesama membuat kita menjadi lebih bahagia.

6.       Keagamaan
Empat dari lima studi menunjukkan hubungan antara agama dan kebahagiaan. Orang yang religius terkadang hidup dengan tenang dan bahagia. Mendekatkan diri kepada Tuhan dapat membuat kita lebih tenang dan tidak selalu bersedih.

7.       Menjadi Menarik
Orang yang menarik percaya bahwa mereka bahagia. Menarik disini seperti cantik, ganteng, keren, dll memang membuat orang bahagia. Tetapi, operasi plastik untuk menambah kemenarikan wajah tidak membuat kebahagiaan bertambah. Karena wajah tidak selalu sama seperti isi hati orang tersebut.

8.       Menua
Memang agak bingung, kita bahkan sering melihat orang yang tidak ingin dirinya terlihat tua. Tetapi, penelitian membuktikan bahwa orang yang tua lebih bahagia daripada yang muda. Mungkin ini disebabkan orang tua seperti kakek atau nenek kita menghabiskan hari-harinya dengan tenang dan santai.

9.       Uang
Saat kau miskin atau sedang kesusahan uang, uang dapat memberikanmu sedikit kebahagiaan. Tetapi percayalah, saat orang mempunyai banyak uang untuk membuat mereka nyaman, sebenarnya uang-uang itu hanya membuat mereka gelisah.

10.   Kecerdasan
Dan yang mengejutkan, kecerdasan adalah hal paling bawah dalam daftar ini. Bersikap baik terhadap orang lain lebih penting daripada kecerdasan yang kita miliki. Patrick pun pernah berkata kepada Spongebob, “Aku lebih senang menjadi idiot daripada kehilangan sahabat sepertimu.”

Hal-hal di atas adalah hasil penelitian yang didapat dari majalah New Scientist. Jika ada yang tidak setuju, tolong jangan protes saya, please... :-)

Sumber : face2face intermediate student’s book

No comments:

Post a Comment