Nanya-Nanya Seputar Rahasia Meede



Masih ingat dengan buku Rahasia Meede yang pernah saya bahas di sini? Sekarang saya akan me-repost apa yang sudah dipostkan oleh Bung Ito sendiri di blog rahasia meede yang ia kelola. Dalam tulisannya tersebut, ia mengatakan bahwa setiap kali orang berbincang tentang Rahasia Meede dengannya, maka pertanyaan konyol yang telah ribuan kali ia dengarkan itu akan muncul kembali.

Bukannya E.S. Ito tidak sudi menjawab, tetapi menurutnya pertanyaan itu terlalu klise. Penuh basa-basi sebagaimana budaya timur yang kita junjung tinggi. Nah, karena pertanyaan-pertanyaan itu menumpuk dan terus mengalami repetisi dari orang yang berbeda, Bung Ito akan coba menanggapi.


Berikut tujuh pertanyaan yang paling sering ditanyakan orang dan saya sertakan jawaban Bung Ito :


1. Darimana ide menulis rahasia Meede?
Darimana anda dapat ide pertanyaan ini?


2. Kenapa tertarik menulis sejarah?
Karena dulunya yang nulis sejarah tentara macam Nugroho Notosutanto, saatnya orang sipil menulis sejarah.


3. Kenapa menyembunyikan identitas asli?
Kalau saya mengumbar identitas dalam bentuk CV lengkap, apa bedanya novel ini dengan surat lamaran kerja?


4. Anda sering disebut sebagai Dan Brown-nya Indonesia. Bagaimana pendapat Anda?
Coba bandingkan langsung Rahasia Meede dan Da Vinci Code. Lalu sebutkan 7 perbedaan mendasar. Setelah itu ambil kesimpulan. Yang jelas saya tidak tertarik memperdagangkan kecacatan dogma agama.


5. Banyak topik terlalu detail dalam novel ini, kenapa?
Bahkan sudah detail pun anda masih bertanya, bagaimana seandainya saya bikin tidak detail.


6. Novel anda selalu menunjukkan kegelisahan terhadap masa sekarang, kenapa?
Anda sudah gila, kalau tidak gelisah melihat Indonesia!


7. Kenapa penerbit terkesan tidak mempromosikan novel ini?
"Hanya Menerbitkan Buku", itu semboyan semua penerbit di Indonesia.

Comments