Find What You Search!

Wednesday, 26 December 2012

Nyok, Jalan-Jalan Ke Tana Toraja!


(untuk info tentang Makassar lebih lanjut, kunjungi http://www.mymakassar.comSaya memiliki dua orang kawan yang berasal dari Makassar. Salah satunya, berasal dari Tana Toraja. Ia bercerita bahwa Toraja merupakan tempat yang indah dan patut untuk dikunjungi.


Saya pribadi belum pernah pergi ke Makassar, apalagi Tana Toraja. Maka dari itu saya mencoba melihat-lihat apa aja sih keindahan yang ada di daerah Toraja itu.

By the way, temen-temen tau gak kenapa daerah ini dinamakan Toraja? Orang dari suku Bugis Sidendreng menamakan penduduk daerah ini dengan sebutan To Riaja yang mengandung arti “Orang yang berdiam di negeri atas atau pegunungan”. Ada juga versi lain bahwa kata Toraya asal To = Tau (orang), Raya = dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja, dan kata Tana berarti negeri, sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja. (Itulah ciri-ciri legenda rakyat: memiliki banyak versi)

Kawan-kawan tau gak, kalo ada gunung yang sangat indah di perjalanan menuju Tana Toraja? Saya akan memberitahu nama gunung tersebut: Gunung Nona.
Pemandangan alam di tempat ini akan membuat kawan-kawan terpesona saat melihatnya. Dikarenakan panorama alamnya yang menawan, tidak usah bingung jika lokasi ini menjadi stop point para wisatawan yang hendak menuju Tana Toraja atau pun sebaliknya. Tak sedikit kendaraan yang berhenti dan singgah di rumah makan yang berjajar di sisi jalan untuk melepas lelah sambil meresapi panorama Gunung Nona dan udaranya yang sejuk.

Di Tana Toraja sendiri juga terdapat tempat-tempat wisata yang sangat sayang jika teman-teman tidak mengunjunginya.

Contohnya adalah Londa. Londa adalah bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Salah satunya terletak di tempat yang tinggi dari bukit dengan gua yang dalam dimana peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga, di satu sisi bukit lainya dibiarkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau. Walaupun kedengarannya seram, tetapi seni arsitekturnya bagus lho kawan!

Selain Londa, ada juga tempat unik di kawansan Batu Tumonga. Di kawasan ini teman-teman dapat menemukan sekitar 56 batu menhir dalam satu lingkaran dengan 4 pohon di bagian tengah. Kebanyakan batu menhir memiliki ketinggian sekitar 2 – 3 meter. Dari tempat ini anda dapat melihat keindahan Rantepau dan lembah sekitarnya. Terletak di daerah Sensean dengan ketinggai 1300 meter dari permukaan laut.

Wuiih... gimana? Keren gak tuh? Sebenernya masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang asik di Toraja.  Tapi post kepanjangan juga gak bagus. Buat info temen2, kemarin saya dengar ada sebuah event loh yang diadakan di Tana Toraja! Nama eventnya Toraja Lovely Desember yang dilaksanakan setiap tahunnya. Gimana? Tertarik buat pergi ke Tana Toraja?

2 comments: