Find What You Search!

Friday, 3 January 2014

Summer Wars: Di Saat Dunia Maya Mengacaukan Dunia Nyata

Bagaimana jadinya kalau nasib dunia bergantung pada sebuah keluarga besar yang tradisional? Ya, sebuah keluarga yang secara turun-temurun menaati tradisi keluarga, kini harus bersama-sama bersatu untuk menyelamatkan dunia dari kekacauan. Cerita tersebut ada dalam Summer Wars.


Cerita bermula dari pengenalan mengenai dunia OZ. Apa sih dunia OZ itu? Dunia OZ adalah dunia virtual yang benar-benar menjadi pengganti dunia nyata. Hampir setiap orang di dunia memiliki akun OZ, dan akun OZ tersebut berpengaruh bagi dunia nyata mereka. Contohnya, jika ada seorang pengusaha, maka ia dapat mengendalikan usahanya lewat akun OZ tersebut. Nah, di sini diceritakan bahwa semuanya bisa kita lakukan dalam dunia OZ, tergantung siapa kita. Kita bahkan bisa berbelanja di seluruh toko di dunia dengan akun OZ ini. Oh iya, dunia OZ ini juga memiliki pelindung virtual berwujud ikan paus yang bernama John dan Yoko.

Cerita lalu beralih ke dua orang remaja bernama Kenji Koisho dan Takashi Sakuma. Mereka berdua berkerja sambilan di bagian maintenance OZ di musim panas. Di saat tengah berkerja, datanglah Natsuki, senior mereka di SMA yang terkenal cantik. Natsuki lalu menawarkan perkerjaan bagi mereka berdua untuk menemaninya liburan ke rumah neneknya, namun Natsuki hanya butuh satu orang.

Singkat cerita, Kenji, si jenius matematika, terpilih untuk menemani Natsuki berlibur di rumah neneknya si Natsuki ini. Hal yang mengejutkan lalu terjadi. Kepada neneknya, Natsuki memperkenalkan Kenji sebagai kekasihnya. Hal ini semata-mata dilakukan Natsuki agar si nenek bahagia mengetahui cucunya sudah punya calon. Kenji tentu saja kaget dan marah. Ia tidak mau membohongi satu keluarga besar. Namun, setelah dibujuk oleh Natsuki, hati Kenji pun luluh.

Cerita lalu berkembang di saat tiba-tiba di suatu malam Kenji mendapatkan sebuah SMS yang akan merubah hidupnya dan juga nasib dunia. Nah, bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Kenji dan keluarga tersebut mampu menyelamatkan dunia? Mending langsung tonton aja daripada kebanyakan spoiler.

Komentar untuk film ini? Bagus! Saya suka cara penceritaan dan alurnya. Meskipun demikian, ada beberapa detail yang saya rasa terlewatkan, seperti bagaimana sistem OZ itu berkerja. Serius, saya masih bingung saat semua perangkat digital yang terhubung ke internet bisa mengakses OZ. Apalagi saat terjadi gerakan-gerakan kompleks dalam dunia OZ, saya semakin bingung.

Selain itu, saya masih bingung sama SMS yang datang tiba-tiba itu. Siapa sih yang ngirim? Kalo gue jadi Kenji, gue bakal tanya tuh identitas pengirim.

Secara keseluruhan, film ini bagus. Secara emosional saya sangat terbawa, contohnya saya merasa sangat kesal kepada tokoh polisi yang naksir sama Natsuki (gue lupa namanya) dan juga dongkol sama tokoh anak-anak kecil yang super-pengacau itu.

Komedi yang dibawakan juga beberapa berhasil membuat saya tertawa. Romansanya juga terasa menyentuh dan bikin saya ikut-ikut galau (mulai deh…).

Intinya: Keren! Kapanlagi melihat aksi sebuah keluarga besar dalam menyelamatkan dunia? Mulai dari si nenek umur 90 tahun yang sangat bersemangat untuk membantu sesama, anak gamers yang menjadi salah satu harapan paling besar, sampai ke anak-anak kecil yang membantu mendukung anggota keluarganya yang lain.


“Never turn your back on family, even when they hurt you. Never let life get the better of you. And if you remember nothing else, remember to find time to eat together as a family.” -Sakae Jinnouchi- (si nenek, sekaligus ketua keluarga)

No comments:

Post a Comment